Suku Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan Jakarta Barat

Ardan,Dicky,Falih,Rizki,Yudha. Gambar tema oleh i-bob. Diberdayakan oleh Blogger.
 

Senin, 23 April 2012

Penanganan RW Kumuh di Keagungan Selesai Tahun 2012

0 komentar
Jajaran Kelurahan Keagungan Kecamatan Tamansari Jakarta Barat bertekad tahun 2012 tidak ada lagi RW kumuh di wilayah Keagungan. "Dari 10 RW yang ada di kelurahan Keagungan, empat di antaranya termasuk kategori RW kumuh yaitu RW 02, 04, 05 dan RW 10," ujar Joko Suparno, Lurah Keagungan Kecamatan Tamansari di sela-sela lomba kelurahan tingkat Kota Administrasi Jakarta Barat 2012, Senin (23/4). 

Diungkapkan, hambatan penanganan RW kumuh antara lain tingkat penghasilan yang rendah, tingginya urbanisasi, terbatasnya lahan hunian, kecilnya kesempatan bekerja serta lingkungan kurang tertata. "Untuk itu, saya berupaya mengadakan peningkatan pelatihan keterampilan, sosialisasi nakertrans serta penataan lingkungan," ujar Joko.

Kegiatan keterampilan yang diadakan, antara lain pembuatan kue rangginang dan pembuatan kremes, di RW 02, pembuatan kripik bayam di RW 03, pembuatan kue semprong di RW 06, dan pembuatan puding jagung di RW 09.

Sedang kegiatan penataan perekonomian masyarakat, antara lain pembinaan yang dilanjutkan pemantauan perkembangannya terhadap beberapa home industry. "Home industry tersebut dalam operasionalnya memanfaatkan tenaga kerja warga di lingkungan sekitarnya," ucapnya. Jenis home industri yang terdapat di wilayah itu seperti sirop blimbing wuluh, kue semprong dan manisan buah.

Selain penanganan RW kumuh, lanjut Joko, pihaknya juga serius melakukan pencegahan penyakit DBD dengan mencanangkan kegiatan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) yang dilaksanakan setiap hari Jumat mulai pukul 09.00-09.30 serta pengasapan (fogging) sesuai kebutuhan.

"Kegiatan PSN yang dilakukan berupa pemantauan jentik nyamuk pada rumah-rumah warga yang pelaksanaannya dilakukan oleh petugas jumantik RT/RW dan hasilnya langsung dilaporkan ke kelurahan dan Puskesmas," papar Joko.

Sementara ketua RW 010, Parmono, berharap Kelurahan Keagungan dapat mewakili Jakarta Barat dalam lomba kelurahan tingkat provinsi. "Kami beserta masyarakat Kelurahan Keagungan siap membantu lurah untuk lomba di tingkat provinsi," tegasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar