Suku Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan Jakarta Barat

Ardan,Dicky,Falih,Rizki,Yudha. Gambar tema oleh i-bob. Diberdayakan oleh Blogger.
 

Rabu, 18 April 2012

Delapan Kelurahan Ikut Lomba Tingkat Jakbar

0 komentar
Sebanyak delapan Kelurahan mewakili 8 Kecamatan di Jakarta Barat mengikuti lomba kelurahan tingkat kota Administrasi Jakarta Barat tahun 2012 untuk mengukur tingkat perkembangan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dicapai pemerintah kelurahan. Juara I tingkat berhak maju ke lomba kelurahan tingkat Provinsi DKI.

Delapan kelurahan dimaksud adalah Keagungan Kecamatan Tamansari, Duri Utara Kecamatan Tambora, Tomang Kecamatan Grogol Petamburan, Palmerah Kecamatan Palmerah, Cengkareng Barat Kecamatan Cengkareng, Kamal Kecamatan Kalideres, Joglo Kecamatan Kembangan dan Kelurahan Sukabumi Utara Kecamatan Kebon Jeruk.

Penilaian oleh tim juri dari instansi terkat Pemkot Jakarta Barat berlangsung di ruang pola kantor wali kota Jalan raya Kembangan no 2, pada Selasa (17/4) pagi. Acara dibuka Wali Kota Jakarta Barat H Burhanuddin, dihadiri Asisten Kesejahteraan Masyarakat (Askesmas) Darma Sembiring, para pejabat, lurah, dan tokoh masyarakat. Satu per satu peserta memaparkan kelurahannya.

Pada sambutannya, Wali Kota mengatakan semua tugas yang dilakukan oleh lurah, camat maupun masyarakat dalam menunjang program pemerintah daerah telah diatur sesuai ketentuan. “Berhasil dan tidaknya tugas yang dilaksanakan itu dapat dideteksi melalui asas-asas pemerintah daerah antara lain bekerja untuk kepentingan masyarakat, dapat dipertanggungjawabkan, proporsional, professional dan efektif,” tandasnya.

Dari hasil penilaian itu, lanjutnya, dapat dijadikan ukuran keberhasilan lurah, wakil lurah atau sekel. “Misalnya bagi lurah yang berhasil dalam melaksanakan tugasnya bisa dipromosikan menjadi Sekcam dan sebagainya,” sambung Wali Kota.

Dikatakan, dalam mengikuti lomba tersebut pasti telah dengan segala daya upaya melakukan berbagai cara agar berhasil menjadi yang terbaik. Semua hasil penilaian lomba itu akan menjadi pertimbangan bagi wali kota. ”Lakukan dengan cara yang elegan. Apapun alasannya bisa saja dilakukan asalkan jangan pake dukun.”

Penilaian lomba kelurahan dilaksanakan dengan membandingkan data tingkat perkembangan kelurahan dua tahun terakhir meliputi delapan bidang yakni pendidikan, kesehatan dan ekonomi masyarakat, keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat, bidang pemerintahan, lembaga kemasyarakatan dan bidang PKK.

Tim penilai yang terdiri atas para SKPD di lingkungan Pemkot Jakarta Barat diharapkan dapat menilai secara obyektif agar hasil penilaian benar-benar menggambarkan kondisi riil kelurahan yang sebenarnya. “Penilaian itu harus obyektif berdasarkan kriteria yang jelas dan penguasaan materi program,” imbuhnya. Sedang kelurahan yang terbaik dan berhak mewakili Jakarta Barat mengikuti lomba kelurahan tingkat DKI pada Mei diminta segera mempersiapkan diri.

Menyinggung pelaksanaan Pemilukada DKI, Pemkot Jakarta Barat telah menertibkan gambar atau spanduk yang terkait pemilukada karena belum masa kampanye. “Belum waktunya kampanye, jadi perlu ditertibkan,” tandas Wali Kota. Diharapkan masyarakat menggunakan hak pilihnya. “Siapa pun yang menjadi gubernur dan wakil gubernur DKI adalah putera terbaik. Mudah-mudahan Jakarta Barat aman, tertib dalam pelaksanaan pemilhan gubernur dan wakil gubernur 2012.” 

Kepala Kantor Pemberdayaan Masyarakat dan Perempuan (KPMP) Jakbar H M Perry Pranoto, kegiatan dimaksudkan untuk mengetahui tingkat keberhasilan pembangunan tingkat kelurahan, mengetahui peran serta masyarakat dan kelembagaan kemasyarakatan dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi serta untuk mengetahui tingkat keberhasilan program dari sektor lain. 

Disebutkan, tim juri sebanyak 20 orang terdiri atas unsur dan unit terkait di lingkungan Pemkot Jakarta Barat antara lain Inspektorat Pembantu, Kappenko, Kantor KB, Kesbangpol, Lingkungan Hidup, Sudin Dukcapil, Koperasi UKM & Perdagangan, Dikdas, Kebersihan, Satpol PP, Bagian Tata Pemerintahan dan TP PKK Jakarta Barat.

Delapan kelurahan peserta lomba itu merupakan hasil penilaian lomba kelurahan di tingkat kecamatan yang telah diselenggarakan pada Minggu I dan II April 2012. Ditambahkan, setelah memaparkan kegiatan kelurahan masing-masing, dilanjutkan penilaian kondisi lapangan selama tiga hari berturut-turut 18-20 April. Untuk juara I berhak mewakili Jakarta Barat di tingkat Provinsi DKI pada Mei 2012. (nms/aji)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar