Suku Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan Jakarta Barat

Ardan,Dicky,Falih,Rizki,Yudha. Gambar tema oleh i-bob. Diberdayakan oleh Blogger.
 

Senin, 16 April 2012

Bantaran Kali BKB Ditanami 200 Pohon

0 komentar
Sebanyak 200 pohon produktif ditanam di bantaran Kali Banjir Kanal Barat (BKB), Kamis (12/4). Penanaman secara simbolis oleh Wali Kota Jakarta Barat H Burhanuddin, Kasatpol PP DKI Effendi Anas dan sejumlah pejabat, dilakukan di bantaran kali, Kelurahan Jembatan Besi Kecamatan Tambora.

Pohon-pohon tersebut dari Satpol PP. “Saya sangat apresiatif kepada Satpol PP yang peduli dengan program penghijauan Jakarta Barat untuk menjadikan lingkungan sejuk dan nyaman,” ujar Wali Kota. Dikatakan, Satpol PP yang terkesan hanya melakukan penertiban dan pembongkaran ternyata berhati tulus turut serta membantu program penghijauan di ibukota Jakarta.

Lebih lanjut Wali Kota mengatakan, penanaman pohon akan dapat menjaga keseimbangan lingkungan, sesuai dengan program penanaman sejuta pohon di Jakarta Barat. “Kami terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar di atas sejengkal tanah pun yang terdapat di permukiman warga ditanami pohon, atau dengan menanam tanaman pada pot untuk menjaga keseimbangan lingkungan,” ujarnya.

Diakui, penanaman pohon memang perlu koordinasi dengan instansi terkait seperti Sudin Pertamanan atau Pertanian untuk menyesuaikan jenis tanaman dengan lokasi yang akan ditanamai pohon. ”Kita akan galakan terus. Untuk menjaga dan merawatnya menjadi tanggungjawab bersama warga dan lingkungan setempat agar tanaman itu tetap hidup,” imbuhnya.

Ia menilai, Satpol PP dalam menjaga keamanan lingkungan di Jakarta Barat sangat berperan meskipun masalah keamanan menjadi tanggugjawab aparat kepolisian. “Kehadiran Satpol PP untuk membantu pengamanan lingkungan masih tetap dibutuhkan masyarakat,” kata Wali Kota. Terkait pemilukada DKI Juli 2012 mendatang, masyarakat diajak menggunakan hak pilihnya. “Siapapun Gubernur DKI Jakarta, pilihlah putera terbaik yang bisa membangun Jakarta.”

Sementara Kasatpol PP DKI H Effendi Anas menjelaskan penanaman pohon ini sebagai wujud kepedulian Satpol PP DKI dalam rangka HUT Satpol PP ke-62 dan HUT Sat Linmas ke-50 tahun 2012. “Penanaman pohon untuk menjaga kelestarian lingkungan ini dilakukan bekerjasama dengan masyarakat. Kami yang menanam, masyarakat yang turut menjaga dan merawatnya,” katanya.

Disebutkan, 200 bibit unggul pohon produktif yang ditanam di bantaran kali BKB di wilayah Kelurahan Jembatan Besi Kecamatan Tambora dan Kelurahan Jelambar Baru Kecamatan Grogol Petamburan terdiri atas pohon Rambutan, Mangga, Jambu dan Nangka. “Kegiatan ini juga sebagai dukungan terhadap program penghijauan yang dilakukan Wali Kota Jakarta Barat,” jelasnya.

Hadir pada acara tersebut Camat Tambora Isnawa Adji, Kasatpol PP Jakbar S Sitinjak, perwakilan Polres dan Kodim 0503 serta tokoh masyarakat setempat dan KNPI. (nms/aji)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar